Newest Post

// Posted by :Unknown // On :Rabu, 27 Februari 2013




                                                                                                         NADYA ULFA,mtsn 1 Tkn

Asalamu’alaikum Wr. Wb

Yang terhormat saudara protokol,

Yang terhormat dewan juri,

Dan saudara –saudaraku sekalian yang tercinta.



Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT,yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini. Tak lupa pula shalawat beriringkan salam kepada nabi kita Muhammad saw yang telah membawa umat nya dari alam jahiliyah ke alam  Islamiah seperti sekarang ini,

Adapun pada kesempatan ini .insyaAllah saya akan menyampaikan pidato dengan judul: Peran Madrasah dalam Pembinaan Akhlak Bangsa.



       Hadirin yang berbahagia,

Dalam kemajuan tehnologi di era Globalisasi saat ini, terasa sekali pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat, khususnya di kalangan anak bangsa. Banyak kita lihat  pelajar yang terlibat tindak pidana seperti tawuran antar pelajar, penggunaan narkoba, perampokan ,dan lain-lain. Dan bila kita lihat ke sekolah-sekolah banyak pelajar berpenampilan aneh, ada yang rambutnya tegang-tegang dicat  lagi berwarna warni. Apakah ini yang disebut akhlak anak bangsa ?


Allah berfirman yang artinya:

Sesungguhnya yang paling mulia diantara kalian, dalam pandangan Allah, adalah yang paling bertaqwa diantara kalian.  Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui, Maha Bijaksana. 
            Maka sepatutnyalah kita ikut prihatin atas kekrisisan akhlak  yang banyak melanda  remaja kita. Dan keprihatinan kita terhadap mereka karena mereka adalah harapan bangsa dan agama , karena ditangan merekalah agama,bangsa dan Negara kita diperjuangkan .

  

Teman- teman seagama Islam

    Untuk mengantisipasi agar remaja kita tidak larut dalam kebejatan akhlak, maka diperlukan suatu tempat untuk membimbing  dan mengarahkan mereka, agar segala tingkah laku dan tindak tanduknya sesuai dengan ajaran agama Islam yang salah satunya adalah MADRASAH.

     Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam  memiliki peran yang strategis dalam membina akhlak dan moral bangsa dan Negara. Karena pendidikan akhlak  merupakan jiwa dari pendidikan Islam itu sendiri, yaitu mencapai akhlak yang sempurna atau mendidik budi pekerti dan jiwa, agar terciptanya pribadi muslim yang mempunyai Ipman, taqwa,taat menjankan ibadah,berakhlak mulia dewasa secara jasmani dan rohani serta berusaha untuk hidup sesuai dengan ajaran agama Islam. Seperti suri tauladan yang dicontohkan pada pribadi Nabi Muhammad saw.

Dalam sebuah Hadits Nabi berbaju ketat  :

          Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia.



Hadirin yang berbahagia,

      MADRASAH dari waktu ke waktu telah mengalami perkembangan mengikuti dinamika social masyarakat global. Selain berperan sebagai Lembaga Pendidikan  Agama Islam, madrasah  juga sebagai wadah pengembangan sumber daya manusia. Tanpa adanya pembinaan,maka sulit  cita cita bangsa akan tercapai, yaitu Manusia yang bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti yang luhur.



Madrasah mendidik anak bangsa dengan serangkaian program-programnya seperti :
      Mengadakan bimbingan baca tulis Al-Qur’an

·         Mengadakan kultum dan ceramah agama

·         Pesantren Kilat di Bulan Ramadan

·         Mengadakan pengajian setiap hari Jum’at



         Juga dengan Metode Tindakan  berupa memberikan tauladan yang baik seperti  Mewajibkan kepada siswa untuk pakaian sopan dan menutup aurat, baik di dalam madrasah maupun di luar madrasah. Bukan ber jean dan berbaju ketat.

Madrasah juga mewajibkan untuk berakhlak mulia, didalam dan diluar Madrasah.  Semua itu dimaksudkan agar masyarakat mencontoh perbuatan yang baik tersebut, karena keberadaan Madrasah di tengah-tengah masyarakat  yang memang merupakan panutan yang akan disorot.



     Demikianlah Peran Madrasah dalam Pembinaan Akhlak Bangsa. Mari kita teladani akhlak nabi kita MUHAMMAD SAW. Don’t wait till tomorrow what you can do today!



Akhirul Kalam, Wabillahitaufiq walhidayah,Assalamu’alaikum Wr. Wb.





                                 Penulis Naskah : NADYA ULFA

                                 Sekolah             : MTsN 1 TAKENGON

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

// Copyright © SMART INSPIRATION //Anime-Note//Powered by Blogger // Designed by Johanes Djogan //